Terobosan Baru Dalam Dunia Penelitian Public Relations

Terobosan Baru Dalam Dunia Penelitian Public Relations

Judul Buku              : Metodologi Penelitian untuk Public Relations:
Kuantitatif dan Kualitatif
Pengarang                : Dr. Elvinaro Ardianto, M.Si.
Penerbit                    : Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Tahun Terbit           : 2010
Cetakan                     : I, Desember 2010
Halaman                   : xvi + 304
Harga                         : Rp 62.000,00

Buku Metodologi Penelitian

Elvinaro Ardianto kembali menulis sebuah buku demi kontribusinya di dunia Public Relations. Penulis yang cukup produktif ini merupakan seorang dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) yang mengajar pada konsentrasi bidang Hubungan Masyarakat. Selain menjadi dosen di Fikom Unpad, beliau juga mengajar di program Pasca Sarjana Unpad dan beberapa universitas-universitas lainnya di Bandung dan Jakarta.

Peraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Komunikasi ini telah menerbitkan banyak buku yang berhubungan dengan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hubungan Masyarakat. Buku-buku yang ditulisnya telah memberikan banyak kontribusi di bidang pendidikan karena banyak digunakan sebagai referensi dalam berbagai kegiatan belajar-mengajar di berbagai perguruan tinggi. Selain menjadi dosen dan penulis, Elvinaro juga aktif di berbagai organisasi kehumasan baik di tingakt lokal maupun nasional seperti Perhumas. Elvinaro juga sering diundang menjadi pembicara atau instruktur pada berbagai seminar dan workshop baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Elvinaro Ardianto

Bukunya yang berjudul Metodologi Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif ini merupakan terobosan baru dalam dunia Public Relations. Jika kita cermati di setiap toko buku dan berbagai perpustakaan yang ada, sangat sulit sekali untuk menemukan buku yang berhubungan dengan teori-teori penelitian Public Relations yang menggunakan metode kualitatif. Kebanyakan buku yang ada hanya memuat teori penelitian dengan metode kuantitatif saja, atau jika ada hanya memuat sedikit sekali teori dengan metode kualitatif. Elvinaro mencoba menggabungkan teori-teori tersebut dan menyatukannya menjadi sebuah buku. Tujuan utamanya yaitu untuk mengumpulkan berbagai teori penelitian dengan metode kualitatif dan juga metode kuantitatif, karena selama ini buku-buku yang memuat teori-teori Public Relations kebanyakan ditulis dalam bahasa inggris.

Buku ini diterbitkan oleh Simbiosa Rekatama Media, Bandung, yang juga telah banyak menerbitkan buku-buku yang berkualitas di bidang Komunikasi dan Public Relations., seperti buku Komunikasi Lintas Budaya dari Deddy Mulyana. Nah, bagaimanakah isi buku yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak mahasiswa dan praktisi Public Relations ini? Mari kita lihat lebih dalam lagi.

Buku yang di tulis dengan harapan agar semakin banyaknya referensi tentang metode penelitian Public Relations dalam bahasa Indonesia ini terdiri dari delapan bab. Di dalamnya dibahas mengenai penelitian, fungsinya dan tujuannya, serta sistematika penulisan, mulai dari pengantar, teori, dan tinjauan pustaka. Pada buku ini juga dibahas mengenai metode-metode penelitian untuk Public Relations serta terori-teorinya, tidak hanya teori komunikasi tetapi juga teori Public Relations yang sulit ditemukan dan jarang digunakan baik oleh para praktisi Public Relations maupun para akademisi.

Buku yang secara khusus membahas tentang penelitian dan metode penelitian, serta teori-teori yang menunjang dalam penelitian Public Relations ini sangat unik. Jika kita teliti lebih lanjut, sangat sedikit sekali buku-buku yang memuat tentang teori-teori Public Relations, dan belum ada buku yang membahas secara langsung tentang penelitian Public Relations secara mendalam, tetapi buku ini secara langsung menyajikan lebih dari tujuh puluh teori-teori komunikasi dan Public Relations. Mulai dari teori komunikasi yang umum seperti teori jarum hipodermik sampai teori Public Relations yang jarang didengar publik seperti teori keunggulan.

Disamping itu penjabaran mengenai metode penelitian kualitatif yang cukup mendalam disertai dengan pengantar yang deskriptif mengenai prosedur penelitian mulai dari pengumpulan data, uji validitas, hingga analisi data sangat membantu sebagai pemandu dalam melakukan sebuah penelitian dengan metode kualitatif. Tidak hanya itu, penjabaran mengenai metode kuantitatif pada buku ini pun tidak kalah lengkap. Dengan penejelasan yang cukup mendalam mengenai sampling beserta jenis-jenisnya tidak kalah lengkap jika dibandingkan dengan beberapa buku yang juga membahas hal serupa.

Sebaik-baiknya buku tentu juga ada kekurangannya. Begitu banyaknya teori yang disajikan oleh buku ini sangat baik, tetapi masih belum lengkap. Alangkah baiknya jika setiap teori diberikan contoh-contoh aplikasinya pada kegiatan yang riil. Penjelasan mengenai beberapa teori di dalam bab empat ini dirasa masih belum memadai. Informasi yang dicantumkan terasa belm maksimal, yang dianalisis sebagai kurangnya referensi buku yang digunakan penulis atau karena langkanya teori tersebut digunakan oleh para profesionala dan akademisi.

Kerangka buku ini cukup sistematis karena peletakan konten dilakukan secara runut, dimulai dari penjelasan mengenai dasar penelitian, metode yang dapat digunakan, cara-cara melakukan penelitian, teori-teori yang dapat digunakan, hingga penejelasan mengenai analisis data yang menggunakan teori.

Bahasa yang digunakan pun sangat mudah dimengerti, tidak terlalu ilmiah tetapi tidak juga terlalu lugas. Buku ini dapat dipahami dengan jelas baik oleh professional, maupun mahasiswa yang menggunakannya untuk tujuan akademis. Pemilihan katanya tepat sehingga pembaca tidak dibuat bingung dengan pilihan istilah yang digunakan. Bahasanya ini salah satu daya tarik dari buku ini. karena bahasa yang digunakan oleh buku ini dapat dimengerti oleh orang awam, maka tidak akan terlalu membosankan ketika membacanya. Penggunaan kata ganti orang ketiga seolah-olah penulis sedang berkomunikasi dengan pembacanya adalah keunikan lain dari buku ini.

Jika diihat dari segi tampilan luar, orang awam tidak akan menyangka bahwa buku ini memuat tentang teori-teori penelitian. Desain sampul yang atraktif dan berwarna, serta dilengkapi dengan gambar yang tidak terlalu formal merupakan daya tarik dari buku ini, yang biasanya buku-buku referensi penelitian bersampul formal dan tidak dilengkapi dengna gambar. Apalagi di sampul bagian belakang terdapat beberapa testimonial mengenai buku ini, yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi orang yang belum pernah mendengar referensi mengenai buku ini. Tetapi sayangnya tampilan luar yang menarik ini tidak dibarengi dengan tampilan dalam yang hanya berwarna hitam dan putih saja. Alangkah lebih baik jika diselipkan warna-warna cerah misalnya pada border untuk mengurangi kejenuhan yang tiba-tiba menghampiri pembacanya.

Buku Metodologi Penelitian untuk Public Relations ini dianjurkan untuk dibaca oleh para mahasiswa dengan konsentrasi Public Relations, dan tidak menutup kesempatan untuk para professional dan akademisi lainnya untuk membacanya juga sebagai bahan referensi mengenai metode penelitian kuantitatif dan tentu saja kualitatif. (farra–Resensi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: